Penglepasan Siswa Kelas VI

Paduan Suara

Paduan SuaraSabtu, 26 Mei 2012, telah dilaksanakan kegiatan Penglepasan Siswa Kelas VI tahun pelajaran 2011/2012. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas VI sejumlah 59 orang, seluruh orang tua/wali dari siswa kelas VI, seluruh siswa kelas I-V, pengurus komite sekolah, dan sejumlah tamu undangan, bertempat di halaman sekolah. Kegiatan penglepasan tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, paling tidak yang terkait dengan peserta dan tempat kegiatan.

Beberapa perbedaan dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan tahun ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I s.d. kelas VI, tahun-tahun sebelumnya hanya siswa kelas VI; (2) Tahun ini kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah, tahun-tahun sebelumnya di ruang kelas.

Secara resmi acara dimulai pukul 08.30 WIB dan diakhiri pukul 12.00 WIB. Namun sebelum itu telah ditampilkan beberapa atraksi kesenian dari perwakilan siswa kelas I s.d.V. Hal ini dilakukan karena jumlah kelompok yang akan ikut berpartisipasi dalam pentas cukup banyak, sehingga kalau seluruhya ditampilkan dalam acara resmi akan memakan waktu cukup lama.

Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan penampilan kelompok paduan suara siswa kelas VIA-VIB yang membawakan tiga buah lagu, yang berjudul: Hymne Guru, Terima Kasihku, dan Syukur. Acara selanjutnya berupa sambutan-sambutan. Diawali dengan sambutan kepala sekolah, kemudian kata-kata perpisahan oleh wakil siswa kelas VI dan wakil siswa kelas V, sambutan ketua komite sekolah dan kepala desa, diakhiri dngan sambutan Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Karangtengah, Demak. Di sela-sela acara sambutan tersebut diselingi dengan hiburan kesenian.

Beberapa kelompok seni yang tampil dalam acara resmi tersebut di antaranya kelompok rebana, tari kreasi baru, tari tradisional, gerak dan lagu, dan menyanyi tunggal dan kelompok yang diiringi dengan orgen tunggal “Mawar Merah”.

Menjelang akhir acara, kepala sekolah menyampaikan kata-kata “Penglepasan Siswa Kelas VI”, menyerahkan kembali para siswa kepada orang tua untuk dilanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Salah satu dari orang tua siswa mewakili orang tua yang lain menyampaikan kata-kata “Penerimaan Kembali Putra-putri Mereka”, untuk dilanjutkan pendidikanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Wakil orang tua tersebut menyampaikan terima kasih atas kerja keras guru dalam mendidik putra-putri mereka, dan permohonan maaf atas segala kesalahan siswa selama proses pendidikan di sekolah.

Hal yang menarik dalam acara Penglepasan Siswa Kelas VI tersebut adalah tampilnya para guru SDN Karangtowo di atas panggung hiburan. Sebelum acara doa penutup, semua guru dan karyawan yang hadir berjumlah 17 orang naik ke atas panggung, dan menyanyikan tiga buah lagu, berjudul: Madu dan Racun, Karmila, dan Kemesraan.

Acara diakhiri dengan doa penutup dan jabat tangan siswa-guru-orang tua-undangan.