SDN Karangtowo Mengikuti Penilaian Lomba Gugus Tingkat Kabupaten Demak

Kegiatan Penilaian Lomba Gugus Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2013 dilaksanakan pada 17 Juni 2013 sampai dengan 25 Juni 2013. Tim penilai akan melaksanakan penilaian di 14 kecamatan, direncanakan sehari dua kecamatan.

Penilaian di hari pertama dilaksanakan pada Senin, 17 Juni 2013 bertempat di Kecamatan Guntur dan Kecamatan Karangtengah. Di Kecamatan Karangtengah, penilaian dilaksanakan di Gugus Kyai Mangkunegoro, dengan SDN Karangtowo sebagai SD Inti dan SDN Wonokerto 2 sebagai SD Imbas.

Tim Penilai tiba di lokasi penilaian SDN Karangtowo pukul 12.30, disambut dengan Marching Band SDN Wonokerto 1 yang memainkan lagu “Iwak Peyek”.

Rombongan Tim Penilai bersama tamu undangan menuju tempat duduk yang telah disediakan, disuguhi penampilan Group Rebana dan Tari Kreasi Baru “Gembira” dari SDN Karangtowo, serta atraksi Pencak Silat dari SDN Wonokerto 1.

Upacara Pembukaan dimulai pukul 13.30. Dalam laporannya, Kepala SDN Karangtowo, Suwarli, S.Pd., M.Si., menyampaikan bahwa Gugus Kyai Mangkunegoro yang terbentuk berdasarkan SK Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Karangtengah No. 421.6/096/2010 tanggal 21 April 2010 terdiri dari SDN Karangtowo sebagai SD Inti dan enam SD Imbas yakni SDN Wonokerto 1, SDN Wonokerto 2, SDN Wonoagung 1, SDN Wonoagung 2, SDN Tambakbulusan 1, dan SDN Tambakbulusan 2. Jumlah PTK ada 94 orang dan siswa 1.443.

Sementara itu Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Karangtengah, Mashudi, S.Pd., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba gugus ini merupakan agenda rutin kabupaten yang dilaksanakan setiap tahun.

Sistem Pembinaan Profesional Guru sudah berjalan sebagaimana mestinya, dan wadah yang paling tepat adalah di gugus. Gugus Kyai Mangkunegoro merupakan gugus andalan di Karangtengah yang sudah dua kali ini diikutkan dalam Lomba di Tingkat Kabupaten.

Ketua Tim Penilai dalam sambutannya menyampaikan kulo nuwun kepada Kepala UPTD Kecamatan Karangtenha untuk melaksanakan tugas penilaian gugus di Gugus Kyai Mangkunegoro. Dia berharap ada perubahan yang signifikan dalam kegiatan-kegiatan. Dari sisi penyambutan sudah tampak perubahan yang signifikan.

Penilaian berlangsung selama lebih kurang dua jam, berlangsung di SD Inti dan SD Imbas, meliputi lima komponen, yakni: komponen manajemen gugus, manajemen sekolah, KBM, sarana dan prasarana, serta peran serta masyarakat.

Kegiatan penilaian diakhiri dengan pesan kesan Tim Penilai dan Sambutan Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Karangtengah, ditutup pukul 15.48 oleh Pembawa Acara.