SDN Karangtowo Siap Implementasikan Kurikulum 2013

Babak baru proses pendidikan di SDN Karangtowo dimulai. Setelah liburan akhir tahun ajaran 2012/2013, kini tahun ajaran 2013/2014 dimulai. Namun pada tahun ajaran 2013/2014 ini ada yang baru, yakni bahwa SDN Karangtowo menggunakan dua kurikulum. Yang pertama Kurikulum SDN Karangtowo (KTSP), dan yang satunya lagi adalah Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 diberlakukan bagi peserta didik kelas I dan kelas IV.

Persiapan sudah dilakukan. Kepala sekolah dan para guru pelaksana sudah dilatih. Buku siswa dan buku guru yang mendukung implementasi kurikulum baru tersebut juga sudah disiapkan. Tinggal pelaksanaan, yang akan dimulai Senin, tanggal 15 Juli 2013, bersamaan dengan dimulainya tahun ajaran 2013/2014.

Bagi SDN Karangtowo, implementasi Kurikulum 2013 harus berhasil. Indikatornya, proses pembelajaran berlangsung tematik-integartif dengan pendekatan scientific di kelas I dan kelas IV, menggunakan model pembelajaran yang tepat (project-based learning, problem-solving-based learning, discovery learning), dan menggunakan penilaian autentik.

Hal tersebut akan terwujud apabila kepala sekolah melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin pembelajaran secara efektif, mengelola perubahan dengan baik, dan membangun budaya sekolah yang kondusif bagi terlaksananya kurikulum baru tersebut.

Ada tiga alasan kuat untuk suksesnya pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN Karangtowo. Ketiga alasan tersebut adalah: (1) Sumber daya manusia (SDM), (2) sarana prasarana, dan (3) sistem di sekolah.